RSS

Wednesday, December 30, 2009

Stories~

Kemaren, tgl 29 Des 2009, gw nemenin temen buat Focus Group Discussion sama In-Depth Discussion di Sekip, buat penelitian skripsi dia. Berdua sama temen gw yg selama ini menjadi tempat gw menebeng tiap hari (hehe, maap, Jar), kita bertiga ngedatengin dua ketua RT disana. Jadi, FGD itu ceritanya ada 5-6 orang warga, trus diajak diskusi masalah DBD, topic skripsi nya temen gw itu. Lingkungan disana tuh, bener-bener ampun joroknya. Mereka tinggal di rumah panggung gitu, trus sering banjir, jadi kolong rumah mereka tuh banyak banget sampah. Gw tau nyamuk DBD itu ogah di tempat kotor, tapi klo kayak gitu keadaannya, ya pasti jadi sarang penyakit lah.

Soal diskusinya, lumayan lah ya. Waktu diskusi sama Pak Lurah sana, gw sempet ngerasa didongengin, abisan itu bapak ngomongnya kayak orang baca dongeng, bikin ngantuk.

Yang ninggalin memori banget, itu pas kita ngedatengin RT inceran kita yang kedua. Sukses sam yang pertama, kita pun ke tempat yang kedua. Abis diskusi dari situ, tiba-tiba salah satu pesertanya (yang tau kita dari kedokteran), minta tolong kita buat liatin emaknya. Dan dengan lugunya temen gw nge-iya-in. Lah, kita masih mahasiswa gini bisa apa? Klo ntar ga tau sakitnya gimana dong? Temen gw itu, dengan bagusnya ngomong, “Cib, gw mengandalkan lo.” Heeeee? Apa-apaan tuh? Gw yang tingkat kepintarannya standar banget gini disuruh mendiagnosa? Bisa gedubrak dunia.

Akhirnya, dengan hati yang harap2 cemas, kita datengin juga rumah ibu tadi. Pas liat emaknya, kita prihatin banget. Emaknya tinggal kepisah sama anaknya, walopun emang deket banget. Katanya, tempat nenek itu tadinya warung. Nah, tau sendiri kan biasanya warung itu sempit, kecil, begitu juga tempat si nenek ini. Sempit banget, disitu ya tempat tidur, ya kompor, ya peralatan makan, blablabla deh. Gw sempet ragu juga pas disuruh masuk, takutnya jadi pengap, malah ga bisa nafas deh kita. Tapi kita masuk juga, en setelah itu si nenek langsung nangis-nangis cerita tentang penyakit dia. Jadi dia itu kakinya ngecil gitu, udah didiagnosa sama dokter (yg ternyata udah terkenal) klo penyakitnya itu osteoporosis. Udah gitu sama anaknya malah dikasih minyak tanah, garem, sama apa gitu, katanya obat alternatif. Eh, kakinya jadi kebakar gitu, sekarang jadi bengkak. Trus, neneknya juga cerita, anaknya yang laki (dia tinggal sama anak perempuannya) udah 13 taun ga pernah nemuin dia. Trus kita tanya kenapa ga dirawat di rumah sakit, dia bilang anaknya ga mau, ntar klo di rs ga ada yang jagain, anaknya sibuk ngurus anaknya yg masih kecil2. Ya udah deh, akhirnya kita cuma bilang sama anaknya buat dibawa ke puskes, trus dari situ ntar dirujuk ke rsmh, dan kita juga bilang di rsmh itu banyak co-ass, jadi ga usah takut ga ada yang jaga.

Beneran deh, ni nenek kayaknya lebih ke sakit psikologis, maksudnya, nenek itu tuh lebih kepengen anaknya yang ga pulang2 itu dateng, trus anak2nya tuh jagain dia. Gw tau banget ini, soalnya dulu nenek gw juga gitu. Pengennya ada yang nemenin, ada yang ngajak ngobrol, blablabla. Gw berharap, ntar klo mommy gw udah tua, jangan sampe gw ga ada buat dia.

Btw, gw sampe sekarang belum mandi. Dan kayaknya kagak mau mandi deh, hihihi. Libur sih soalnya, ni aja masih ngutak-ngatik kuesioner temen. Gw udah diocehin sama mommy gw, “Emangnya punya ayuk udah selese? Kok ngerjain punya temennya terus.”
Huehehehehe. Biasa deh, mom, anakmu ini suka ga enakan sama temen :p

0 comments:

Post a Comment