RSS

Thursday, February 18, 2010

Cirque du Freak – The Vampire’s Assistant


Yay yay yay ! Baru selesai nonton ini, udah lama pengen nonton (keluarnya tahun 2009), soalnya ini diadopsi dari novel berjudul Darren Shan, yang dulu pas jaman sma bikin gw sama ayesha tergila-gila, soalnya emang oke banget, ga kalah dari Harry Potter~ :)

Bercerita tentang Darren Shan, cowok (yang kebetulan di film pemerannya ganteng :p) berumur 16 tahun, yang tergila-gila sama laba-laba (engga kayak Ron Weasley yang takut sama laba-laba xD). Suatu hari, dia sama temen baiknya, Steve, dapet brosur pertunjukan aneh gitu, namanya Cirque du Freak – Sirkus orang aneh. Mereka berdua tertarik kesana, tapi mereka ga tau klo itulah awal malapetaka (ceilah~). Si Steve mengenali salah satu pemain sirkus, yang namanya Larten Crepsley, sebagai seorang vampir. Maklum aje, Steve ini suka banget sama vampir, dia punya buku vampir gitu, dan karena buku itulah dia ngenalin Mr.Crepsley. Usai pertunjukan, si Darren, yang tertarik banget sama laba-laba kepunyaan Mr.Crepsley, pergi ke belakang panggung dan nyuri si Madam Octa, nama laba-laba itu. Belum sempet keluar, Mr. Crepsley udah masuk ke dalem, bikin Darren harus ngumpet. Nah, selagi ngumpet, tiba-tiba dia ngeliat Steve masuk, dan langsung teriak, “I know who you are.”

Trus Steve bilang klo dia mau jadi vampir, dan minta ke Mr. Crepsley buat ngubah dia jadi vampir. Mr. Crepsley pun ngetes dulu darahnya Steve, dan guess what ? Mr. Crepsley menolak ngejadiin Steve vampir. Katanya Steve punya darah jelek, darah evil. Ga terima dibilangin begitu, Steve pun pergi dengan rasa dendam. Trus gimana si Darren? Dia berhasil kabur, tentu dengan ngebawa Madam Octa, dan kaburnya dengan bantuan Mr. Tiny dan Murlough.

Si Darren pun ngebawa Madam Octa ke sekolah (Karena ga mungkin banget ditinggalin di rumah), trus tu laba-laba lepas dari kandang gara2 Steve, dan pada akhirnya si Steve digigit, dan gigitan itu bikin dia koma. Merasa bersalah karena tau itu kesalahannya, Darren pergi ke tempat Mr. Crepsley, mau minta antidote nya. Apakah Mr. Crepsley mau? Yep, dia mau. Tapi ada syaratnya, Darren harus mau jadi asisten nya, jadi half-vampire. Trus si Darren mau? Kepaksa. Klo ga, si Steve bakal meninggal. Malam diubahnya Darren jadi vampire, Mr. Crepsley udah nyuruh dia ninggalin keluarganya, tapi jelas, Darren ga mau. Dia masih berusaha buat hidup normal, sampe akhirnya, dia nyerah, setelah selalu makan daging mentah dan hampir ngegigit adiknya sendiri. Mr. Crepsley pun membuat Darren mati (buat sementara), jadi keluarganya ga akan mencari-cari dia. Di pemakaman, Steve dateng. Pas lagi melayat, Steve ga sengaja ngeliat luka di jari Darren, yang merupakan tanda klo si Darren udah jadi vampire. Steve pun kesel, dia nganggep klo Darren udah ngerebut impiannya.

Petualangan pun dimulai. Darren diajak jadi anggota Cirque du Freak, trus dapet temen sekamar Evra Von, a snake boy. Juga dapet temen cewek, Rebecca a monkey girl. Semua berjalan aman sampai suatu hari Murlough menculik Rebecca sama keluarga Darren. Darren pun disuruh dateng ke teater tempat Cirque du Freak dulu mangkal (jadi ni pertunjukan pindah2 gitu). Disitu Darren terkejut dengan keberadaan Steve, yang ternyata udah diubah jadi vampire juga sama Murlough. Btw, Murlough itu Vampaneze, jadi vampire yang ngisep darah manusia sampe kering, sampe membunuh, istilahnya yang jahat gitu deh. Beda sama vampire, yang disini diceritain cuma ngambil sedikit darah manusia, ga sampe membunuh. Terus, di teater itu terjadilah perkelahian seru, apalagi pas Mr. Crepsley dateng. Gimana endingnya? Murlough tewas, ditikam pake pisau tepat di jantung oleh Mr. Crepsley. Trus Steve join ke tempat Mr. Tiny, yang kepingin banget ngeliat perang antara Vampire dan Vampaneze. Dan karena Mr. Crepsley udah membunuh seorang Vampaneze, perangpun dimulai.

Selesai. :)

Ada banyak hal yang berbeda dari buku di film, yah sebagaimana buku difilmkan. Kayak si Rebecca, yang di buku setau gw ga ada, tapi di film ada. Si Rebecca ini ceritanya jadi cewek yang disukai Darren, sedangkan di buku, cewek ini seharusnya Debbie, cewek normal yang disukai Darren, ada di buku ketiga. Tapi film ini ngegabungin beberapa dari 12 buku Darren Shan, klo kata gw sampe buku ketiga, Tunnels of Blood, dimana pada akhirnya Murlough tewas dan perang antara Vampir dan Vampaneze dimulai, sama kayak ending di film. Karena digabungin, tentu aja jalan ceritanya jadi beda. Murlough udah dikenalin dari awal, bahkan Gavner Purl pun juga, padahal dua tokoh ini baru ada di buku 3 dan 4. Mr. Tiny udah dikasih tau jahatnya dari awal, udah dikasih tau apa maunya dia, udah dikasih tau gimana dia ngebikin orang yang mati jadi idup lagi, walopun idupnya sebagai orang kerdil. Di buku 1 sampe 3, seinget gw tanda-tanda ke-evilan Mr. Tiny belum terlihat jelas. Si Steve yang jadi vampaneze pun belum ada sampe buku 3, jadi mungkin ni film juga gabungan dari nomor seri lain? Gw ga tau juga, soalnya belom baca bukunya sampe jilid 12, hehe. Karena digabungin juga, banyak hal yang sebetulnya pengen gw liat di film, tapi ga ada. Gw kepengen tau wujud R.V, trus Sam Grest, temen baiknya Darren di buku kedua. Kepengen tau visualisasi pas Darren menghisap darah Sam (yang merupakan pertama kalinya dia minum darah) karena di buku detailnya jelas banget. Serasa kita juga minum darah gitu, haha xD. Sedangkan di film, kali pertama Darren minum darah kurang greget. Lewat aja gitu, dan korbannya pun si Rebecca, huhu. Trus satu lagi, si Darren ketemu lagi sama keluarganya setelah jadi vampir, jadi keluarganya sempet liat gimana Darren sebagai seorang vampir. Walopun Mr. Crepsley menghapus memori keluarganya, tapi kata Mr. Crepsley mereka masih punya perasaan kalo Darren masih hidup. Di buku, keluarganya ga pernah tau, mereka bener-bener nganggep klo Darren udah meninggal.

Banyak yang bilang film ini kurang oke, kurang oke efeknya lah, kayak film kurang dana lah, etc. Gw ga bisa bilang ga setuju, tapi menurut gw film ini oke kok. Ga jelek-jelek amat, walopun ga bisa dibandingin sama okenya film Harry Potter. Gw amat berharap bakal ada sekuel nya, dan sekuelnya ntar bakal lebih oke dari ini :)

0 comments:

Post a Comment